Jus Apel Bisa Cegah Asma

| Senin, 15 November 2010 | |

Anak-anak yang minum banyak jus apel memiliki peluang lebih kecil untuk mengidap gejala asma, kata ilmuwan.

Penelitian oleh The National Heart and Lung Institute, yang diterbitkan di dalam penerbitan ilmiah European Respiratory Journal, merupakan riset terbaru yang mengkaitkan apel dan kesehatan paru.


Kemungkinan anak-anak yang minum jus buah apel setidaknya sekali mengalami sesak nafas 50 persen lebih kecil daripada mereka yang minum kurang dari sekali dalam satu bulan, demikian temuan penelitian tersebut.

Makan apel segar saja tidak menunjukkan manfaat yang jelas, tambah hasil riset itu.

Penelitian ini mencermati anak usia lima hingga 10 tahun di kawasan Greenwich, London. Peneliti menanyai orang tua mereka soal konsumsi buah anak-anak mereka dan gejala penyakit yang mereka idap.

Meski tidak ada kaitan antara konsumsi jus apel dan berkurangnya kemungkinan diagnosis asma yang sebenarnya, hubungan antara sesak nafas dan minum jus itu sangat kuat.

Munculnya gejala sesak nafas merupakan salah salah tanda penting anak yang semakin berisiko mengidap asma, kendati banyak anak yang menunjukkan gejala itu pada akhirnya tidak terdiagnosis dengan penyakit pernafasan tersebut.

Manfaat yang mirip, tapi lebih lemah ditemukan pada anak-anak yang makan pisang sedikitnya satu kali sehari dibandingkan dengan yang kurang dari satu kali dalam satu bulan.

Dr Mike Thomas, seorang peneliti asma di Universitas Aberdeen, Inggris, mengatakan penelitian ini merupakan bukti lain dampak protektif buah apel.

"Ada bukti bahwa makanan sehat yang kaya dengan antioksidan dan vitamin bagus bagi asma," katanya

0 komentar:

Posting Komentar