Puncak Hujan Meteor Leonid

| Rabu, 17 November 2010 | |
Jakarta -Langit Indonesia malam ini akan kembali dihiasi hujan meteor leonid. Menurut situs Space.com, Leonid sebenarnya telah memamerkan keindahannya sepanjang pekan ini. "Tapi puncaknya Kamis (18/11) dini hari," ujar Joe Rao, astronom sekaligus kolumnis situs antariksa tersebut, Rabu (17/11).

Hujan meteor ini yang terjadi dari ekor Komet Temple-Tuttle, yang saban November, melintas dekat Bumi. Disebut Leonid karena pancaran bintang jatuh terlihat berasal dari rasi bintang Leo.
Sekali dalam 33 tahun, terakhir pada 2002, Bumi melintas cukup dengan material di ekor komet, sehingga menciptakan ratusan sampai ribuan bintang jatuh per jam. Sayangnya, Hujan Meteor Leonid sekarang tidak sedahsyat itu. "Namun Leonid tetap memiliki reputasi baik dalam menampilkan meteor yang indah," kata Rao.
Keindahan hujan meteor ini berasal dari material di ekor komet. Berbeda dengan komet lain yang berpapasan, Temple-Tuttle memiliki arah berlawanan Bumi. Akibatnya kecepatan meteor di atmosfer jadi lebih cepat, mencapai 72 kilometer per detik. Sebagai perbandingan kecepatan rata-rata peluru 1.000 meter per detik.

Menurut Rao, malam ini kita bisa menyaksikan 15 sampai 20 bintang jatuh dalam setiap jam. Leonid mulai muncul lepas tengah malam. "Namun waktu terbaik adalah dua atau tiga jam sebelum matahari terbit, ketika bulan sudah terbenam," katanya.




3 komentar:

Mobile App Developers Says:
21 September 2015 pukul 21.57

Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

Learn Digital Marketing Says:
11 September 2017 pukul 20.44

Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

GST Courses Delhi Says:
13 September 2017 pukul 04.23

It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

Posting Komentar